Visualisasi Video Udara Tol Cipali Proyek Jalan Tol Terpanjang Kebangaan Nasional




Sekiranya tanggal 16 Juni 2015, pagi hari saya dalam kapasitas sebagai pengelola bisnis foto udara HELICAMINDO, mendapat telpon dari salah satu perusahaan yang menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan Jalan Tol terpanjang di Indonesia yang waktu itu jadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada. Namanya waktu itu katanya Tol Cikapali, tapi entah kenapa diganti jadi Tol Cipali. Wah senangnya luar biasa waktu itu, kalo menyangkut proyek kebangaan Negara, rasanya prioritas dealing sebuah pekerjaan di urutan pertama adalah masalah Pride / Kebangaan, baru di urutan kedua adalah masalah fee ha ha.  Kenapa kebangaan ?  Jelas Bangga kalau ilmu saya bisa turut andil dalam sebuah proyek Nasional yang jadi kebanggaan bangsa.

Sebetulnya job waktu itu cukup berat spesifikasi kerjanya, kenapa ?  Video ini akan digunakan pada saat peresmian Tol Cipali yang akan langsung diresmikan oleh Presiden Joko widodo pada tanggal 18 Juni 2015. Artinya ???  Besok team kami harus ambil foto & video udara, malamnya harus di edit dan harus sudah selesai sebelum Ayam berkokok tanggal 18 Juni 2015. Entah kenapa Job se penting ini, harus diarrange semendadak ini ?  Entahlah, mungkin ada masalah dengan drone operator sebelumya kali ?  Karena memang kami sering loh mendapat job dengan kondisi seperti ini dimana client mengalami hambatan dengan operator foto udara sebelumnya, lalu akhirya kami mengambil alih job tersebut.

Foto Udara Tol Cipali
Foto Udara Tol Cipali

Antara seneng dan Galau, maklum saya orangnya perfeksionis, bila berhadapan pada situasi seperti ini tentunya galau, karena biasanya saya memerlukan waktu yg panjang untuk persiapan dalam mengatur pekerjaan sedemikian rupa, lengkap dengan contingency plan, "WHAT To Do If Something Happened", terutama kalau terjadi situasi yang diluar kehendak terjadi. Tapi akhirnya saya putuskan menerima tantangan Job Tersebut. Yo, mari kita kerjakan !  Sore harinya saya langsung assign team, charging drone, paking semua kedalam satu mobil. Seperti biasa, team ramping, 3 orang saja, saling rangkap, beperan jadi Pilot Drone, Assistant camera & Video Editor.

Hampir tak tidur malam itu 16 Juni 2105, yang pasti keesokan pagi nya Mobil saya yang cuma sedan kecil Honda City saya sulap dadakan menjadi ala Mobile Command Center dengan berbagai alat-alat didalamnya. Sebut saja dari Inverter listrik, Charger untuk Battery Drone, dua unit drone, satu unit Laptop, unit camera, dan lain-lain. Belum ditambah 3 orang personil, bisa dibayangkan kondisi mobil seperti apa ha ha ha.

Charging Station untuk Battery Drone, Laptop, dll.
Charging Station untuk Battery Drone, Laptop, dll.

Dua unit Drone stanby ready for take off
Dua unit Drone stanby ready for take off

Pagi itu, kami bertiga team (Kaufik, Yudha, dan Yongki), beserta para drone foto udara si kembar Hedwig 1 & Hedwig 2, langsung meluncur ke TKP di Cikampek. Kurang lebih pukul 08.00 pagi kami tiba di Cikampek. Tepat langsung di mulut Tol Cipali yang waktu itu belum dibuka akses untuk umum. Setelah Koordinasi dengan aparatur terkait, kami pun dikawal memasuki Jalan Tol yang memiliki panjang 116Km ini.

Point pertama yang menjadi tugas kami untuk diambil video dan foto udaranya adalah Interchange Cikopo yang menghubungkan Tol Cipali dengan Tol Cikampek. Angin agak kuat waktu itu, drone pun terbang dengan mulus, berkeliling dari arah selatan sampai utara untuk mengambil beberapa sudut foto udara.

Persiapan Drone Flight untuk video udara di Interchange Cikopo Tol Cipali
Persiapan Drone Flight untuk video udara di Interchange Cikopo Tol Cipali

Perjalananpun kami lanjutkan, untuk mengambil objek berikutnya adalah Jembatan Ciherang yang melintasi sungai kecil dibawahnya. Teknik pengambilan yang digunakan adalah Drone berputar membentuk lingkaran agar visualisasi video udara jembatan terlihat dari segala arah. Waktu itu salah satu sisi badan jalan masih dalam tahap finishing yaitu ruas arah ke Cikampek.

Objek selanjutnya yang jadi target foto dan video udara dengan drone adalah Gerbang Tol Cikopo yang fungsinya untuk transaksi para pengguna jalan tol baik keluar atau masuk Cikopo. Gerbang Tol Cikopo memiliki 13 loket transaksi untuk kedua arahnya.

Selanjutnya perjalanan agak panjang dari Gerbang Tol Cikopo menuju ke arah Interchange Kalijati, aspal mulus, jalan Tol Cipali ini sudah cukup layak untuk dilalui kendaraan saat itu. Tapi yang pasti di aplikasi WAZE belum ada jalan tol cipali waktu itu, ingin rasanya membuat jalur di waze, tapi sayang belum ada sinyal ponsel saat itu hampir di seluruh jalan tol Cipali. Setibanya di Interchange Kalijati, drone sudah ready untuk pengambilan foto dan video udara disini. Tak lupa sehabis terbang battery drone langsung di charge di mobil berhubung padatnya jadwal terbang hari itu.

Persiapan Foto Udara dengan Drone di Tol Cipali
Persiapan Foto Udara dengan Drone di Tol Cipali

Berjalan terus ke arah timur Tol Cipali, shooting list berikutnya adalah Jembatan Ciasem yang juga menyeberangi sungai kecil dibawahnya. Disini pemandangan suah mulai hijau, dengan sawah-sawah yang luas, kualitas udarapun sudah mulai jauh lebih jernih ketimbang posisi dekat Cikampek. Hal ini mungkin karena lokasinya jauh dari kawasan industri. Terpantau dari foto dan video udara drone kami, kualitas foto udara jauh lebih jernih di titik ini.

Sudah hampir setangah rute Tol Cipali kami tempuh waktu itu, tiba kami di interchange Subang yang masuk kedalam daftar objek yang harus kami ambil foto dan video udaranya. Drone kembali terbang di interchange ini, pemandangan tak jauh berbeda dengan interchange sebelumnya, sawah-sawah nan hijau dan beberapa pemukiman penduduk terlihat dari pantauan drone video udara kami.

Jembatan Cipunegara merupakan titik persinggahan kami berikutnya, drone pun terbang kembali untuk mengambil video dan foto udara disekitar jembatan Cipunegara yang menyeberangi Sungai Cipunegara, kali ini sungainya lebih besar dari sungai-sungai yang ada pada jembatan sebelumnya.

Persiapan drone take off di Tol Cipali
Persiapan drone take off di Tol Cipali

Foto Udara Interchange Kalijati Tol Cipali
Foto Udara Interchange Kalijati Tol Cipali

Setelah jembatan Cipunegara, perjalanan kami lanjutkan ke Jembatan Cimanuk, nah disini sungainya lebar sekali dengan debit air yang cukup besar. Drone mengudara dari seberang jembatan untuk mengambil foto dan video udara disini, terlihat perahu-perahu masyarakat pun melintasi dibawah jembatan Cipunegara.

Nah memasuki interchange terakhir rute tol Cipali yaitu Interchange Sumber Jaya yang sudah dekat ke arah cirebon. Disini kami lakukan teknik panning dimana drone mengambil video udara secara perlahan dari kanan ke kiri dan arah sebaliknya. Sudah berkali-kali penerbangan dilakukan, tapi battery drone kami tetap siaga, artinya charging timingnya sudah pas !  Lanjutt terus pekerjaan hari itu, mengejar target selesai pada malam hari.

Tak lama kemudian, sampai juga kami di Gerbang Tol Palimanan, yang merupakan titik finish ruas tol Cipali yang menghubungkan Cikampek dan Palimanan. Waktu itu kami sudah tiba pukul 12.00, wah cepat sekaliii....karena biasanya Bandung ke Cirebon dibutuhkan waktu kurang lebih 6-8 jam karena padatnya kendaraan. Kami pun menyempatkan diri untuk foto-foto di muka Gerbang Tol Palimanan, karena kami tau bahwa kapan lagi kita berkesempatan berfoto-foto ditengah jalan tol seperti ini saat nanti tol cipali sudah beroperasi.

Menyempatkan diri foto bersama di Gerbang Tol Palimanan sebelum operasional

Saya dan Drone di Gerbang Tol Palimanan Tol Cipali
Saya dan Drone di Gerbang Tol Palimanan Tol Cipali

Okay setengah tugas sudah selesai waktu itu, kami mencari rumah makan yang dekat dengan Gerbang tol Palimanan, sambil melakukan copying semua hasil pengambilan foto dan video udara dengan drone. Team kami Yudha selaku Video Editor langsung mulai kerja, mensortir hasil take dari drone yang kami terbangkan hari itu.

Selanjutnya kami kembali masuk ke Gerbang Tol Palimanan arah Cikampek, untuk mengambil beberapa footage pelengkap seperti kondisi jalan yang terdiri dari Flexible Pavement dan Rigid Pavement.

Sebelum sore kami singgah beristirahat di salah satu rest area di Tol Padaleunyi sambil terus mengerjakan editing video final yang harus sudah jadi besok harinya. Editing sebetulnya tak terlalu lama, karena hanya menggabung-gabungkan video udara yang jumlahnya tak terlalu lama. Tapi berhubung laptop agak jadul, renderingnya lama sekali ha ha. Sampai dalam perjalan pulang Laptop  terus menyala melakukan rendering sambil kami harap-harap cemas.

Editing sudah dimulai sejak waktu makan siang sampai malam

Malam harinya Alhamdulilah, beres semuanya, siap untuk di serah terimakan kepada client kami. Begitulah cerita kami mengerjakan project Video Udara salah satu proyek nasional yang menjadi kebanggaan kita semua, Tol Cikampek Palimanan, tol terpanjang di Indonesia.

Semoga cerita ini menginspirasikan dan berguna bagi anda semua, terima kasih sudah mampir di blog ini. Video final untuk visualisasi "TOL CIPALI", bisa dilihat di youtube channel saya dengan link https://www.youtube.com/watch?v=zAysedPBUvk .






Komentar

TULISAN LAINNYA

Ada apa di Kabupaten Fakfak Papua Barat ?

Jasa Fotografi & Video Ditawar sadis, berapa sih harga yang wajar ?

Mengintip dan Membandingkan Spesifikasi Drone DJI Mavic Air