Fitur Photo Editor Bawaan Smartphone Samsung Semakin Memanjakan Pecinta Fotografi


Samsung S Series Photo Editor Built-in (Versi Terbaru)
Samsung S Series Photo Editor Built-in (Versi Terbaru)

Dibanding satu dekade lalu, pecinta fotografi jaman now dimanjakan dengan smartphone canggih yang dilengkapi kamera keren. Kalo dulu foto pake HP itu jelek, tapi tidaklah sekarang. Kamera HP jaman now rata-rata sudah dipersenjatai sensor seukuran 1/3" buat top line produk berbagai merk, seperti Samsung dengan S series smartphone nya. Hasilnya, sangat layak buat sekedar dokumentasi, sosial media, dll.

Akibatnya, kalo dulu saya kemana mana pingin bawa pocket camera (ketimbang DSLR yang berat), jaman now saya ga perlu punya pocket camera. Bujet untuk beli pocket camera saya subtitusikan untuk membeli smartphone yang agak canggih dikit deh, alhasil saya bisa motret everywhere anytime tanpa pake ribet bawa-bawa pocket kamera seperti jaman old dulu.

Algoritma image prosesor smartphone camera ini cukup canggih loh !  Coba deh foto wajah orang pake smartphone Samsung S series atau Iphone terbaru, wajah terlihat mulus dan lebih ganteng/cantik ketimbang aslinya ha haha... Itu Karena image prosesornya canggih !  Fitur editing standard seperti Brightness, Contrast, Saturation pun tersedia buat yg seneng otak-atik foto.

Beberapa waktu lalu, waktu lagi iseng-iseng sehabis motret pake kamera ponsel saya Samsung S7 Edge, tiba-tiba ada tulisan muncul yang bertanya, apakah fitur foto editor bawaan standard Android Samsung ini akan di upgrade ?  Tanpa pikir panjang lalu saya klik YES untuk mengupdatenya, gak pake lama, ternyata system Gallery serta Photo Editor Ponsel saya telah terupdated dengan versi terbaru. Belum terlalu ngeh saat itu, karena belum otak-atik di menu dalam-dalamnya. Yang pasti muncul pilihan baru yaitu "ADVANCED".

Pilihan "ADVANCED" yang tidak ada pada versi sebelumnya.
Pilihan "ADVANCED" yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Belum sempet ngoprek ada apa dibalik tombol "advenced", minggu kemarin kebetulan saya dan teman-teman offroad dengan menggunakan Motor Cross ke Gunung Putri Lembang, dan suasana sangat berkabut, pastinya jadi fotogenic neh fotonya, tapi perlu sedikit touch up / editing supaya foto keliatan dramatis. Kalo pake Adobe Photoshop sih jelas mudah saja melakukan touch up, limitnya hanya imajinasi kita. Tapi kalo bisa ngedit pake HP kan jadi sesuatu banget, motret + edited by hp lalu langsung upload sosmed. 

Begitu motret si keren motor cross ku langsung deh aku nyoba editing, yang pasti imajinasiku kalo hutan berkabut seperti ini tonalnya pasti akan aku set seperti film-film Lord Of The Ring, Harry potter dll donk. Tapi apa daya, fitur editing smartphone kan terbatas, jadi hanya bisa rubah White Balance + Hue & staturation, dan hasilnya yah kurang maksimal seperti foto dibawah ini, dimana semua highlight dan shadow jadi ikut ikutan biru, karena gak punya kemampuan seleksi warna / selective color.

Foto Asli sebelum editing

Dengan Editor Standard (versi lama), foto jadi keliatan kebiru biruan (bluish)

Beberapa hari kemudian, saya baru nyoba yang namanya fitur "ADVANCED" editing nya Samsung S Serries, dan begitu liat menunya.....jrengjrengggggggggggg yihaaa.... bisa ngedit Tone Curve, bisa ngedit Selective Color, HDR......huaaaa...memang ga secanggih Adobe Photoshop sih, tapi yaaahh buat smartphone okeeee banget laah......... Mulai dehh otak atik fitur baru ini, dengan mengaplikasikan fitur selective color. 

Dengan fitur editor versi terbaru, kita bisa melakukan seleksi color editing, contohnya kalo foto diatas, kita ingin rubah kabutnya dari abu jadi ke biruan, maka kita tinggal otak-atik highlightnya, sampe akhirnya didapat hasil seperti berikut.

Dengan Editor Update terbaru, kita bisa rubah tonal berdasarkan warna tertentu (Selective Color)

Semua itu cuma hanya modal Hp loh !!  Gimana ?  asik kan ?  Motret pake smartphone sekarang makin semangat deh, kita bisa aplikasikan teknik-teknik art photography yang dulunya cuma bisa dilakukan pake DSLR + Software Editor seperti Adobe Photoshop, sekarang bisa dilakukan nyaris instant hanya dengan Smartphone Camera !

Selain Fitur Selective Color ada juga fitur Backlight adjustment & Tone Curve

Bedanya kalo kamu pake Kamera besar dan Adobe Photoshop, tentunya range editingnya. Kamera Hp sudah pasti lebih tipis informasi warnanya, akibatnya kalo kita melakukan perubahan warna yang ekstrim, maka akan timbul noise. Ibarat kalo range editing kamera DSLR bisa sampai 30%, di smartphone kita hanya bisa melakukannya sampai 10 persen saja. Tapi untuk keperluan non professional, cukup kan ??

Fitur Tone Curve Bisa Mengubah Foto menjadi jauh lebih cantik


Demikian sedikit tulisan mengenai fitur terbaru dari Software Photo Editor bawaan dari smartphone Samsung Adnroid. Yang pasti saya puas sekali pake Ponsel Samsung S7 Edge, kameranya bagus, dan sangat membantu dalam mengabadikan moment-moment dalam hidup saya.

Penulis adalah Film Maker & Pilot drone di:
www.anrilfilm.com
www.helicamindo.com



Komentar

TULISAN LAINNYA

Ada apa di Kabupaten Fakfak Papua Barat ?

Jasa Fotografi & Video Ditawar sadis, berapa sih harga yang wajar ?

Mengintip dan Membandingkan Spesifikasi Drone DJI Mavic Air