Video Iklan Youtube Nyeleneh Ala Joe Taslim yang Booming !



BRILIANT & MENANG BANYAK !

Siang kemaren saya lihat video Bloopers Joe Taslim yang satu ini untuk sebuah iklan shampoo head and shoulder. Bloopers, apa itu bloopers ? Bloopers adalah video-video atau footages yang tidak sempurna (Sesuai keinginan) yang pastinya akan di cut alias tidak ditayangkan pada video akhir. Awalnya saya pikir ah ini paling crew film bocorin behind the scene, karena beberapa jaringan pertemanan saya di facebook banyak juga para pekerja seni sinematografi. Tapi, ternyata ini beneran ditayangin langsung sama Head and Shoulder loh ! ahahahaa...  AJAIB !!!  Kenapa ajaib ?  Ada gituloh client high profile sekelas Head and Shoulder iklannya model Nyeleneh kaya gini ?  Dan gue sebagai orang yg sedikit nyeleneh jelas jelas suka banget tipe iklan yg anti mainstream kaya gini, tapi sayangnya sampai detik ini belum nemu client yang mau atau berani senyeleneh ini ha ha ha.

Sebagai Film maker, jujur aja pingin banget saya bikin Video Iklan Nyeleneh model gini, bahkan saya sering melihat refferensi video-video iklan produk yang nyeleneh yang ada di eropa sana dan Thailand. Hasilnya bagaimana ?  Hasilnya viral kemana mana .... gak perlu di boost lagi ke Facebook ads, youtube ads, dan lain sebagainya, tapi viral dengan sendirinya tanpa memakan banyak biaya. Bukankah ini yang menjadi impian setiap pelaku usaha yakni membuat materi promotional dengan biaya serendah mungkin namun menembus audience seluas mungkin ?

Kembali ke iklan head shoulder versi ini, Dari sisi biaya produksi video iklan ini, jelas komponen biaya termahal adalah menyewa seorang Joe Taslim. Lalu shooting nya ?  ha ha... modal green screen, lighting, kameranya bahkan pakai smartphone pun bisa. Saya rasa kalo saya yang shootingin ini cost shootingnya sendiri gak sampai 25 juta rupiah, dan bagi kami film maker, adegan Joe Taslim salah melafal itu bukanlah sebuah adegan yang luar biasa, karena keseharian kita shooting pasti berhadapan dengan situasi yang mirip, diulang-ulang sampai 10 take hahaha.  Tapi berbeda bagi masyarakat awam, situasi tersebut merupakan hal menarik dan lucu bagi masryarakat apalagi sedikit ditambah drama, bayangkan dalam sehari video bloopers yg dikemas jadi iklan ini berhasil menjadi buah bibir dan viral kemana mana di media sosial. Dalam sehari, Iklan youtube ini sudah mencapai 1 juta viewer !   Ingat dari 1 juta view tersebut, head and shoulder juga mendapat revenue dari youtube loooh !  Jadi artinya Double Impact ! Sangat mungkin bahkan perusahaan malah mendapat REVENUE dari membuat iklan !!  alias menang banyak....

Bandingkan dengan video iklan produk sejenis yang biaya produksinya mencapai milyaran rupiah. Belum lagi video iklannya harus di boost dengan program advertising campaign yang juga tidak murah. Branding powernya pun tidak sebagus iklan-iklan nyeleneh yang umumnya tinggal lebih lama di memory ingatan masyarakat. Video Iklan yg satu ini yang pasti menang total !  ha ha ha  Di Eropa sana banyak video iklan nyeleneh yang konsepnya jauh lebih rumit, dan tentunya cost nya sangat mahal, tapi ya memang lucu dan menarik, akhirnya viral juga.

Ini artinya, masyarakat sangat menyukai hal-hal yang nyeleneh anti mainstream, mungkin sudah bosan dan jenuh dengan video iklan yang main stream yang biasa biasa saja, dengan konsep yang itu itu saja. Oh ya video bloopers ini entah disengaja atau tidak untuk di publish, tapi memang ada iklan aslinya yang ditayangkan dengan setting yang sama. Tapi justru iklan utamanya viewernya hanya setengahnya dari bloopers video nya ha ha ha, itu pun saya rasa ada pengaruh terdongkrak oleh bloopersnya yang booming ini.

Finally, bloopers nya sukses banget !!  Cocok banget buat karakter brand Head Shoulder yang memang sudah kuat, jadi iklannya memang udah gak perlu lagi pake spesifikasi produk yang bla bla bla.... Cukup Joe Taslim mengucapkan "HEAD AND SHOULDER" berulang ulang.... berhasil menghipnotis audience untuk hafal akan produk shampoo yg satu ini. Yakin deh grafik penjualan shampoo ini bakal meningkat !

Sebagai film maker di ANRILFILM yang nyeleneh, saya berharap suatu saat ada client yang nyeleneh juga yang mau bikin video iklan nyeleneh !  Karena saya punya banyak ide ide yang nyeleneh.  Semoga !  Oh ya, kalo company profile video belum bisa lah ya kita buat nyeleneh, nanti malah disangka perusahaan gak serius ha ha ha. 







Komentar

TULISAN LAINNYA

Ada apa di Kabupaten Fakfak Papua Barat ?

Jasa Fotografi & Video Ditawar sadis, berapa sih harga yang wajar ?

Mengintip dan Membandingkan Spesifikasi Drone DJI Mavic Air