Tips dan Trick Foto Udara Pabrik / Factory dengan Drone

Foto Udara Pabrik Semen Pertama di Papua PT SDIC
Foto Udara Pabrik Semen pertama di Papua (PT SDIC) oleh HELICAMINDO

Delapan tahun sudah saya berkecimpung dibidang jasa foto udara dan video udara dengan drone di HELICAMINDO sejak tahun 2011. Dari mulai jaman helicam rakitan sendiri (detail kisahnya bisa dilihat di sini), multicopter (kisahnya disini)atau yg sekarang beken dengan nama drone, sampai hari ini sudah menggunakan drone pabrikan dari DJI.

Dijaman awalnya dulu, karena pemain drone untuk foto udara masih sangat jarang, dimana mereka pabrik-pabrik besar yang ingin melakukan foto udara harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk menyewa helicopter. Kehadiran jasa kami foto udara dengan drone saat itu menjadi satu-satunya alternatif ekonomis untuk melakukan foto udara fasilitas mereka.

Waktu itu hampir tiap minggu pekerjaan kami mondar-mandir dari berbagai kawasan industri di ujung barat Pulau Jawa area Banten, Cilegon, Balaraja Tanggerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, sampai Subang & Purwakarta. Berbagai pabrik kami buatkan foto udaranya dari pabrik besi, pabrik plastik, otomotif, pabrik makanan dan minuman, dll. Bahkan tak jarang pula kami mendapatkan job di bagian pulau jawa yang lain seperti Pabrik Semen di Rembang Jawa tengah, dan di Tuban Jawa Timur, sampai ke daerah Pandaan. Dari luar Pulau pun kami beberapa kali ke area Bengkulu, Palembang, sampai ujung Indonesia di bagian timur  yaitu PAPUA.

Team berfoto di Pabrik Semen Pertama di Papua PT. SDIC

Foto Udara Pabrik Semen Holcim yg luasnya lebih dari 1500 ha di Tuban


Di era tahun 2015, dimana pabrikan DJI mulai memasarkan drone pabrikan, maka siapapun bisa membeli drone dan bisa jadi pilot drone. Bisnis kami dibidang jasa foto udara pabrik jelas terpengaruh, tidak lagi semenarik dulu karena harga jasanya jauh lebih murah ketika banyak pemain membuka jasa yang sama. Tapi bukan berarti mati, karena berhubung kami menang start, kami sudah memiliki banyak pengalaman & portfolio. Banyak perusahaan2 besar masih mempercayai jasa foto dan video udaranya kepada kami.

Pada Artikel ini saya ingin membagi tips-tips untuk mengambil foto udara pabrik yang maksimal dengan menggunakan drone. Tapi sebelumnya perlu saya ingatkan, Kalau anda baru pertama kali menerbangkan drone, tolong baca dulu instruction manualnya terlebih dahulu dan berlatih di lahan kosong yang aman, agar tindakan kamu tidak merugikan orang lain dan juga diri anda sendiri. Pengoperasian drone itu mudah asal kita mau belajar dan berlatih.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengambil foto udara pabrik atau fasilitas yang ingin kita ambil foto udaranya.

FLIGHT PLAN
Rencanakan FLIGHT PLAN, Ini paling penting, jangan sampai saat drone sudah terbang, kita tak tau mau mengambil gambar yang seperti apa. Berikut adalah aspek-aspek yang harus ditentukan dalam merancang flight plan:
  • Waktu pemotretan
    Perhatikan denah pabrik yang akan diambil fotonya. Bila kita ingin mengambil tampak depan pabrik, maka pilihlah waktu pemotretan dimana sinar matahari langsung menyinari sudut yang akan kita ambil foto udaranya. Contoh bila pabrik menghadap ke barat, maka pilihlah waktu sore hari agar matahari langsung menyinari sudut yang akan kita ambil foto udaranya.
  • Susun Waypoint
    Dalam melakukan foto udara pabrik, tentunya kita tidak akan mengambil hanya dari satu titik. Beberapa titik tentunya akan menambah opsi pemilihan foto udara terbaik nantinya. Pilihlah beberapa titik dengan tentunya memperhatikan sudut matahri agar kita tidak memotret melawan cahaya.
  • Perhatikan Obstacle
    Cari dan hafalkan objek di sekitar yang kemungkinan membahayakan drone seperti tiang listrik, menara selular, gedung, dan lain-lain.
  • Tentukan titik terbang
    Dengan memperhatikan waypoint & obstacle tentukan dengan cermat dimana kita akan mengoperasikan drone. Tentunya posisi operasional drone harus positi yang menguntungkan dengan pandangan terbuka (Line Of Sight) ke arah drone selama menjalani waypoint agar tidak terjadi loss signal.

Contoh Flight Plan Foto Udara Pabrik
Contoh Flight Plan Foto Udara Pabrik PT. HINO oleh Helicamindo di purwakarta

Setelah menyusun flight plan, siapkan drone kita, pastikan battery dalam keadaan fully charged, drone dalam keadaan laik terbang. Minta bantuan sekurity pabrik untuk menjaga saat kita menerbangkan drone untuk foto udara pabrik.

Beberapa tips yang mungkin diperlukan saat melakukan foto udara pabrik dengan drone adalah posisi angle yang cantik. Secara general angle yg cantik untuk foto udara pabrik adalah dari arah samping depan karena pabrik akan terlihat secara keseluruhan. Meski demikian hal ini bukanlah aturan mutlak, karena dalam seni fotografi tidak ada aturan yg bersifat mutlak.

Foto Udara Pabrik Susu Indolakto di Pandaan Jawa Timur by Helicamindo
Foto Udara Pabrik Susu Indolakto di Pandaan Jawa Timur by Helicamindo

Setelah proses foto udara pabrik dengan drone dilakukan, selanjutnya adalah proses yang tak kalah penting adalah editing / postprocessing. Proses ini antara lain untuk pengaturan warna, kontrast pada foto udara yang dihasilkan. Proses olah digital foto udara ini juga terkadang diperlukan kalo pabrik / fasilitas yang kita ambil foto udara nya dengan drone ternyata memiliki bagian yg kotor, maka olah digital wajib dilakukan untuk membersihkannya seperti contoh foto dibawah ini:

Proses Editing pada Foto Udara pabrik / fasilitas oleh HELICAMINDO
Proses Editing pada Foto Udara Waduk Pluit Jakarta oleh HELICAMINDO

Nah itulah sekelumit tips dan trick dalam melakukan foto udara pabrik dengan drone. Jika anda adalah pengelola pabrik yang sedang mempertimbangkan untuk membeli drone untuk melakukan foto udara, silahkan dipelajari. Tapi bila memang belum siap, jangan sungkan untuk menggunakan jasa professional foto / video udara seperti kami (helicamindo.com). Karena walaupun bagaimana, masih tetap lebih murah cost nya ketimbang membeli sebuah drone. Pengoperasian drone tanpa pengalaman dan skill akan sangat membahayakan bagi orang sekitar dan juga resiko kerugian bagi mereka yang tidak berpengalaman.

Penulis adalah Photographer dan Film maker di ANRIL FILM,  bila anda tak sengaja menemukan page ini saat mencari jasa foto udara pabrik atau video udara pabrik untuk keperluan company profile video dll ?  silahkan menghubungi kami untuk jasa terbaik oleh pelaku usaha yang mencintai pekerjaannya.

Semoga tulisan ini berguna...

Kaufik Anril.
Photographer, Film Maker & Pilot Drone.


Komentar

TULISAN LAINNYA

Ada apa di Kabupaten Fakfak Papua Barat ?

Jasa Fotografi & Video Ditawar sadis, berapa sih harga yang wajar ?

Mengintip dan Membandingkan Spesifikasi Drone DJI Mavic Air